Wednesday, April 6, 2016

Dinamika keunikan Pendidikan Kristen "Langsung" dan "Melalui"

Apa sesungguhnya keunikan Pendidikan Agama Kristen? Keunikan pendidikan Agama Kristen didasarkan pada karya Allah Tritunggal (Bapa, Anak dan Roh Kudus). Keunikan ini tidak ada dalam keyakinan yang lain. Itulah sebabnya Pendidikan Agama Kristen di lakukan oleh Allah Tringgal di dalam keluarga Kristen, Gereja dan di sekolah. Tuhan Allah Tringgal adalah pelaksana utama dan pertama dalam Pendidikan Agama Kristen. Allah Tritunggal mengajar dan mendidik manusia dari manusia pertama yaitu Adam dan Hawa ke generasi selanjutanya.

Pendidikan dan Pengajaran itu dilaksankan oleh Tuhan kepada manusia pertma yaitu Adam dan Hawa di Taman Eden. Pendidikan itu berlanjut sampai terpilihnya suatu bangsa pilihan yaitu “Bangsa Israel”. Kepada bangsa ini Allah “mengajar langsung” dan “mengajar “melalui”. Mengajar langsung yaitu Allah berbicara kepada umat-Nya melalui firman-Nya tetapi firman-Nya yang tertulis perlu ditafsirkan maka ada kegiatan “mengajar melalui”.

Pendidikan dan Pengajaran “langsung” dan “melalui” berlangsung dari waktu ke waktu hingga saman ini dan masa yang akan datang. Dalam Pendidikan Agama Kristen, Allah Tritunggal mengajar langsung dan melalui. Allah mengajar langsung melalui firman-Nya tetapi juga mengajar tidak langsung kepada orang yang belum dewasa melalui para pendidik Kristen (Orangtua, pendeta dan para guru Kristen).

Jadi melalui kita (para orangtua, pendidik Kristen di sekolah) berlaku pengajaran “langsung” dan “melalui”. Pengajaran langsung artinya Allah mengajar langsung melalui firman-Nya sedangkan pengajaran melalui yaitu Allah mengajar peserta didik untuk mengerti firman-Nya (isi Alkitab) melalui para orangtua dan guru Pendidikan Kristen. Selamat memberi diri dalam Pendidikan dan pengajaran “langsung” dan “melalui”.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.