Saturday, February 23, 2019

Contoh BAB I Pendahuluan penelitian Kualitatif

JUDUL PENELITIAN

PENGHASILAN ONLINE

BAB I

PENDAHULUAN


Latar Belakang Masalah

Lima tahun yang lalu, tepatnya 2010 penulis berjuang untuk mendapatkan penghasilan demi untuk mereka yang Tuhan anugerahkan kepada saya. Kebetulan waktu itu penulis baru keluar dari sebuah tempat kerja (mengajar) yang berlangsung selama 15 Tahun. Penulis memutuskan untuk keluar karena menghargai kebijakan pimpinan. Penulis ke rumah pimpinan dan menyatakan, setelah berdoa selama 3 bulan maka penulis memutuskan untuk mundur. Rasanya berat tetapi perlu mengambil keputusan sebagai bagian dari menghormati kebijakan pimpinan, yaitu hanya mengizinkan salah satu saja dari suami atau istri bekerja di lembaga tersebut.

Sejak keputusan keluar dari lembaga tersebut saya mengalami masa transisi, berjuang sini dan sana, untuk pelayanan melalui mengajar dan memenuhi doa Bapa kami “rejeki yang secukupnya” untuk berlangsungnya keluarga yang harmonis. Saya bersama istri dan beberapa teman mengalami masa transisi yang luar biasa sebelum mendapatkan kerja yang layak dalam pemenuhan rejeki yang secukupnya.

Saya siang malam berpikir dan berpikir, saya kemudian memutuskan untuk berjuang secara online. Ketika saya bicara sesuatu yang online, teman-teman ada yang pesimis melihat usaha ini. Saya kadang duduk jam 17.00 – 12.00 di atas lantai rumah (tingkat atas) karena suka banjir maka kami buat ala kadarnya untuk lantai dua sehingga paling tidak dapat berlindung kalau banjir. Lantai itu tidak beratap, berbekal laptop dan modem dan lampu seadanya, saya duduk didepan Laptop sambil mencari informasi. Banyak tawaran online pada waktu itu, ada juga tawaran kaya mendadak. Setelah saya masuk dalam bisnis online dengan menjadi reseller kemudian saya mulai mengalami begitu sulitnya berjuang secara online, ternyata tidak gampang. Saya tetap berjuang. Akhirnya dapat hasil melalui proses waktu selama 3 tahun, yaitu tahun 2013 saya mulai mendapat pesanan dan itu cukup menolong saya sekeluarga, khususnya kebutuhan anak dalam kuliah di Universitas Kristen Indonesia jurusan Sastra, dan anak kedua yang sebentar lagi selesai Multi Media di Salah satu SMK di bilangan Jakarta Timur.

Hal yang saya ingin sering adalah setia dalam perjuangan untuk mewujudkan mimpi. Tuhan telah memberikan kemampuan kepada kita untuk berjuang. Pekerjaan ini bukan bidang saya, jurusan saya sangat jauh dengan bidang kerja online. Tetapi jika ada kemauan maka pasti ada hasil. Blog yang saya kerjakan mulai tahun 2010 sampai 2015, kini mulai memberi perwujudan mimpi itu. Blog yang gersang karena tidak ada iklan kini mulai ada iklan yang memberi secercah harapan. Website dengan program affiliate pertama yang menyetujui permohonan saya kemudian tampilan ikalan yang memberi semangat kepada saya yakni Lazada, kemudian saya terus mencari kemudian bertemu Accesstrade.co.id, KilikSaya.Com, Adsensecamp, iklanblogger dll.

Kini di tempat yang tidak ber-atap dan tidak berkeramik, dan tidak terkoneksi dengan WiFi, kini sudah berbentuk ruangan, ada meja kerja dan koneksi internet tanpa modem. Puji Tuhan. Dari tempat inilah (Kampung Pulo) saya berkarya secara online ke berbagai belahan dunia. Desa bukan sebab untuk kita tidak dikenal. Melalui internet sehat kita bisa dikenal luas tetapi paling utama adalah nama sang PENCIPTA.

B. Fokus Penelitian

Fokus penelitian dalam penelitian kualitatif bersifat sementara. Fokus ini akan menjadi jelas dan sangat jelas setelah peneliti berada dalam latar penelitian. Dalam latar penelitian itu, peneliti akan menemukan secara natural dan empiris akan pokok yang diteliti. Penelitian kualitatif berusaha untuk menemukan teori dan bukan menguji teori. Dengan demikian rumusan fokus penelitian dalam penelitian ini yakni hanya dibatasi pada Penghasilan Online

C. Rumusan Masalah

Pertanyaan masalah dalam pokok ini yaitu pertanyaan penelitian yang jawabannya dicari dalam penelitian secara teoritik maupun empiris (penelitian lapangan). Bagaimana Penghasilan Online.

D. Tujuan Penelitian

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif maka tujuan penelitian ini yaitu untuk menemukan pemahaman luas dan mendalam terhadap situasi sosial dari Penghasilan Online yang dilakukan oleh para blogger.

E. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini yakni:
1. Memberi kontribusi pengembangan disiplin ilmu yaitu pengembangan etika bisnis online
2. Menambah pengetahuan yang berguna bagi tugas mengajar di Sekolah Tinggi Teologi
3. Memberi kontribusi pemahaman etika bisnis online kepada pengunjung blog

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.